Penerimaan Raport; Kepsek: Nilai Siswa Tergantung Peran Orang Tua Di Rumah

SMANSALOLAK.SCH.ID-Lolak, Setelah disahkannya nilai beberapa waktu lalu oleh tiap wali kelas maka tepat hari Sabtu (17/2017) bertempat di Aula SMA Negeri 1 Lolak dilakukan penyerahan Laporan (Raport) hasil ujian Semester Genap sebagai penentu naik atau tidaknya ke kelas berikutnya.

Dalam penyerahan Raport tersebut, pihak sekolah menghadirkan seluruh orang tua siswa dengan tujuan agar orang tua siswa dapat secara langsung melihat nilai yang dicapai oleh anaknya masing-masing. Acara yang dipandu langsung oleh Bapak Idris Mokodompit tersebut dihadiri oleh ratusan orang tua siswa yang tersebar disekitar Kecamatan Lolak.

Sebelum dibacakan pengumuman perolehan nilai terbaik oleh tiap wali kelas terlihat diwajah orang tua siswa ada yang was-was sambil bertanya-tanya apakah anak mereka

Orang Tua Siswa Saat Menghadiri Penerimaan Raport

naik kelas atau tidak dan ada juga yang kelihatan bahagia karena yakin anaknya akan mendapat juara dikelasnya. Seperti rasa bahagia yang dirasakan oleh salah satu orang tua siswa Meita Mareks, ketika ditanya oleh salah satu guru dia mengatakan bahwa nilai yang diperoleh anaknya pasti dapat membawa dia naik kelas. “yang penting depe nilai tuntas samua kong dapa nae kelas, kalau dapa juara alhamdulillah no sesuai dengan dia pe usaha”, kata salah satu orang tua siswa dengan dialek daerahnya.

Setelah dibacakan nama-nama yang mendapatkan nilai terbaik, Kepala SMA Negeri 1 Lolak menyampaikan sambutan dihadapan orang tua siswa bahwa apa yang dicapai oleh siswa merupakan hasil kerja sama guru dengan orang tua tetapi orang tua sangat berperan penting dalam keberhasilan siswa sebab waktu siswa lebih banyak di rumah daripada disekolah sehingga perlu perlu perhatian yang lebih khusus lagi ketika mereka berada dirumah.

Orang Tua Siswa sedang Mendengarkan Pengumuman Nilai dari Guru

“Nilai yang mereka peroleh hari ini merupakan hasil didikan antara guru dan orang tua sekalian tetapi pemain utama dalam mendidik anak-anak kita ini adalah bapak-ibu sekalian karena waktu mereka lebih banyak di rumah dari pada disini (sekolah-red)”, kata Bapak Toisi sambil menaikkan kacamatanya.

Lanjut Pak Toisi, “jadi mohon kerjasamanya dari bapak-ibu agar lebih diperhatikan lagi anak-anak kita ini dalam beraktivitas diluar sekolah karena nilai yang mereka peroleh ini ada yang tinggi ada yang rendah, yang mendapatkan nilai tinggi harus ada perhatian khusus agar nilainya bisa dipertahankan apalagi yang mendaptkan nilai rendah”, ungkapnya.

Adapaun nama-nama siswa Kelas X dan Kelas XI yang memperoleh nilai terbaik pada Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu:

Kelas X-1                                                                 Kelas X-2

Peringkat 1 : Mutiara Puasa (89,9)                   Peringkat 1 : Nouke Harimu (80,93)

Peringkat 2 : Riswan (84,7)                                Peringkat 2 : Yuliati Manabung (80,46)

Peringkat 3 : Trilesta Kalensang (84,7)            Peringkat 3 : Doni Mangundap (79,86)

Kelas X-3                                                                 Kelas X-4

Peringkat 1 : Jessi O Manabung (82,86)          Peringkat 1 : Nurlaila Paputungan (87,210

Peringkat 2 : Siti Masitta (82,66)                      Peringkat 2 : Siti Mutiara Modeong (85,33)

Peringkat 3 : Inggrid A Umar (81,46)               Peringkat 3 : Jennifer Pangulimang (82,3)

Adapun untuk kelas XI hanya dibacakan nama-nama yang memperoleh peringkat umum yaitu:

Peringkat 1 : Maria Adelin Maluwu (87,75)

Peringkat 2 : Slindi Andriyani (87,41)

Peringkat 3 : Yustina Damogalad (87,08)

Redaksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *