Rapat Penentuan Kenaikan Kelas, 12 Siswa Terancam Tak Naik Kelas

SMANSALOLAK.SCH.ID-Lolak, Setelah seminggu menyelenggarakan Ujian Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, SMA Negeri 1 Lolak melalui wali-wali kelas mulai melakukan pemeriksaan hasil ujian sebagai syarat untuk naik ke jenjang berikutnya. Kelas X akan lanjut ke Kelas XI dan Kelas XI akan lanjut ke Kelas XII.

Sebagai syarat untuk naik kelas, SMA Negeri 1 Lolak mengacu pada peraturan Akademik yang telah disepakati oleh pihak sekolah dan orang tua siswa yaitu semua mata pelajaran harus tuntas tetapi ada rentang waktu yang diberikan oleh guru mata pelajaran untuk memperbaiki nilai yang belum tuntas tersebut.

Sama halnya dengan yang disampaikan oleh Bapak Toisi Makalunsenge, S.Pd sebagai Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Lolak  pada rapat penentuan kenaikan Kelas mengatakan bahwa kenaikan kelas kali ini mengacu pada peraturan akademik yang telah disepakati bersama dengan orang tua siswa.

Pada rapat tersebut kepala sekolah meminta kepada tiap wali kelas untuk memberikan laporan tiap siswa diperwalian masing-masing dan hasilnya ditemukan 12 siswa  dengan jumlah  diatas 3 mata pelajaran yang tidak tuntas. Dengan laporan tersebut Bapak Toisi meminta agar 12 siswa tersebut menjadi perhatian wali kelas, “hal ini harus menjadi perhatian serius oleh para wali kelas karena penginputan rapor sudah menggunakan sistem dapodik dan batas pengimputan sampai tanggal 30 Juni” imbaunya pada rapat tersebut.

Dalam rapat tersebut disepakati agar ke 12 siswa tersebut dapat memperbaiki nilai-nilai mata pelajaran yang dianggap belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sampai pada tanggal 17 Juni 2017 dan jika sampai pada tanggal tersebut nilai tidak dapat diperbaiki maka ke 12 siswa tersebut dinyatakan tidak naik kelas.

Perlu diketahui bahwa ke 12 siswa tersebut kebanyakan berasal dari Kelas XI-IPS 1 dan rata-rata penyebab ketidaktuntasan nilai karena tidak mengikuti ulangan harian dan tidak tepat dalam menjawab soal-soal ujian.

*ft

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *