SUPM Bone, Sekolah Rujukan Perikanan Wilayah Sulawesi

SMANSALOLAK.SCH.ID-Bone, Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Bone yang terletak di Kabupaten Bone-Watampone, merupakan salah satu dari 9 sekolah yang ada di Indonesia dibawah naungan langsung Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), berdiri sejak tahun 1985. Sekolah ini telah banyak mencetak lulusan yang siap kerja dan berwira usaha.

Kepala Sekolah Nurdin Kasim, S.STP, M.Si saat diwawancarai mengungkapkan bahwa SUPM Bone sudah banyak mencetak alumni, setiap tahun SUPM Bone harus mencetak lulusan dengan target 10 persen dari jumlah lulusan harus menjadi wirausahawan yang dibantu oleh pihak sekolah.

Sebagai Sekolah unggulan, Siswa SUPM Bone berasal dari seluruh wilayah yang ada di Sulawesi. “Kami disini merekrut siswa dari seluruh wilayah di Sulawesi, terutama dari wilayah terluar, misalkan dari Sangir dan Talaud”, kata pimpinan SUPM.

“Dalam perekrutan siswa kami mengutamakan siswa yang kurang mampu secara ekonomi ,hal ini kami lakukan sesuai dengan intruksi dari KKP, tandas Kepsek SUPM Bone ini.

SUPM Bone yang memilikki kapal penangkap ikan dan dilengkapi dengan sistem navigasi yang sesuai dengan standar pelayaran menjadikan SUPM Bone sebagai salah satu sekolah yang memproduksi hasil tangkapan ikan dan langsung dikirim ke Pulau Jawa untuk dipasarkan ke Luar Negeri.

Diketahui bahwa SUPM Bone dalam menerima siswa hanya sesuai dengan kuota yang telah ditentukan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *